About Me

Meresensi Buku Pengetahuan: Mengubah Lahan Kritis Menjadi Kolam Produktif

Meresensi Buku Pengetahuan: Mengubah Lahan Kritis Menjadi Kolam Produktif

Judul : Mengubah Lahan Kritis Menjadi Kolam Produktif
Penulis : Heru Susanto
Jenis buku : Fiksi
Penerbit : Penebar Swadaya
Tahun terbit : 2002
Kota penerbitan : Jakarta
Cetakan : ke-2
Tebal buku : 3mm (48 halaman)




Kolam Air Mengalir

Buku yang berjudul Mengubah Lahan Kritis Menjadi Produktif merupakan karya Heru Susanto pria kelahiran Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 4 April 1965. Beliau mengawali karir sebagai penulis buku-buku teknis perikanan khususnya ikan hias, hingga kini karyanya dalam bentuk buku telah berjumlah sekitar 20 judul. Beliau bertugas di Dinas Perikanan, DKI Jakarta sejak tahun1984, dan kini di tempatkan di Suku Dinas Perikanan Jakarta Utara. Selain bertugas di Dinas Perikanan DKI Jakarta, beliau juga mempunyai pekerjaan sambilan, yaitu sebagai konsultan teknis pada pembangunan perkolaman milik beberapa investor, baik di Jakarta maupun di Bogor.

Beliai juga pernah memiliki pelatihan agribisnis yang diberi bendera HS & R (Heru Susanto & Rekan). Beliau pernah kuliah di Institut Kesenian Jakarta, jurusan Sinematografi, program studi penyutradaraan tahun 1988-1990. Buku berjudul Mengubah Lahan Kritis Menjadi Lahan Produktif ini ditulisnya untuk memberian solusi bagi para pembaca yang mengalami kendala dalam mewujudkan keinginan besar membangun kolam.

Kolam berfungsi sebagai habitat buatan yang sengaja diciptakan agar ikan dapat hidup dan berkembang biak dengan baik. Kolam merupakan perairan yang luasnya terbatas, sengaja dibuat, dan mudah dikuasai. Kolam untuk ikan dapat dibuat dari bahan tanah, tumpukan karung yang berisi tanah, atau bahan lain yang dapat menampung dan menahan air. 

3. Kolam air mengalir

Kolam air menglir atau kolam air deras merupakan kolam yang mendapatkan pasokan air antara 10-15 liter/detik. Petakan-petakan kolam mini biasanya berukuran relative kecil. Dindingnya terbuat dari batu bata, batako, atau dicor semen (beton). Bentuk kolam sangat bervariasi, yaitu persegi panjang, segitiga, dan bulat.

Pernyataan Keunggulan : 

Buku yang berjudul “Mengubah Lahan Kritis Menjadi Lahan Produktif” memang sangat informatif, sehingga pembaca dapat memperoleh informasi cara membuat kolam. Selain informasi yang didapat pembaca juga mendapatkan pengalaman bagaimana membuat kolam.

Pernyataan Kelemahan :

Buku yang berjudul “Mengubah Lahan Kritis Menjadi Lahan Produktif”, isi-isinya kurang mudah untuk difahami karena buku tersebut kurang mendetail.

0 komentar:

Entri Populer

Pengikut

 
Copyright© 2011 Annisa saja | Template Blogger Designer by : Utta' |
Template Name | Uniqx Transparent : Version 1.0 | Zero-Nine.Net